image

Kabarsukabumi.com - Sukabumi, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Sukabumi, menggelar pertemuan dengan pihak AMIK - AKPAR Citra Buana Indonesia Sukabumi yang bertempat di Kampus Citra Buana Indonesia (CBI) Jl. KH. Ahmad Sanusi No.52, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Jumat (13/5/2022).

Acara tersebut dihadiri Direktur Akademi Pariwisata  (AKPAR) CBI Rafdi, turut hadir Deni, selaku Ketua Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer, beserta jajarannya dan juga Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho.

Dalam kesempatan kali ini Direktur AKPAR CBI Sukabumi, menyampaikan materi kerjasama dengan Pemda Kota Sukabumi yang diwakili Disbudporapar perihal kerjasama berbasis pariwisata. 

"Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada media kabarsukabumi.com, saya jelaskan, kerjasama ini terdapat tiga pihak yang terlibat didalamnya yaitu, Dinas Pariwisata, AMIK - AKPAR Citra Buana Indonesia Sukabumi, lalu isi kerjasamanya adalah berhubung kita perguruan tinggi jadi sesuai dengan tugas kita selaku penyelenggara tridarma," ungkap Rafdi kepada media kabarsukabumi.com.

Rafdi menjelaskan, rincian tridarma dalam kerjasama kali ini adalah penelitian, program beasiswa, dan juga tutorial. "Jadi tridarma ini lebih rincinya dalam kerjasama untuk jenis program kedepannya yaitu penelitian, beasiswa untuk warga Kota Sukabumi, dan juga tutorial, tutorial juga ada dua hagher order dan tutorial Bahasa Inggris," jelasnya.

Untuk program beasiswa Rafdi mengatakan, terdapat dua macam program beasiswa yang diberikan yaitu,  program beasiswa gratis sepenuhnya, program beasiswa yang mengharuskan membayar sebesar Rp150 ribu.

"Kalau program beasiswa gratis sepenuhnya itu hanya untuk 30 orang saja yang kita kasih, namun ada pula yang harus membayar Rp150 ribu per bulan, kedua kategori ini sudah dibebaskan biaya daftar ulang, biaya ujian, biaya bangunan dan biaya SKS, program beasiswa tentu kita tujukan kepada keluarga yang kurang mampu," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho, menyampaikan kerjasama Disbudporapar dengan Perguruan tinggi CBI berkaitan dengan pembangunan kelembagaan pariwisata serta pembangunan promosi dan informasi pariwisata.

"Ya hal ini tentunya berkaitan dengan kegiatan prinsip pariwisata yaitu amenitas, atraksi dan aksebilitas, nah kegiatan ini tidak bisa kita lakukan sendiri, mangkanya kita menggandeng yang namanya pentahelix ABCGM (Akademisi, Badan Usaha, Komunitas, Pemerintahan, dan Media), dimana peran serta akademik bagaimana mempersiapkan sumberdaya manusia untuk siap memberikan pelayanan dalam pariwisata, karena kita juga memiliki tiga city branding salah satunya hospitality city dimana kita harus ramah tamah dalam setiap melayani, dan tanpa peran dari perguruan tinggi kita sebagai dinas terkait akan susah atau lama untuk mencapainya tapi dengan adanya peran perguruan tinggi ini, Insya Allah kita akan cepat untuk mencapainya," paparnya.